Friday, December 14, 2018

2 Korban Longsor di Tobasa Masih Hilang

Jakarta, CNN Indonesia --

Pencarian dua korban bencana tanah longsor di Desa Halado, Kecamatan Pintu Pohan, Kabupaten Toba Samosir (Tobasa), Sumut, terkendala cuaca. Hingga hari kedua pencarian, tim gabungan baru berhasil mengevakuasi 8 korban meninggal dunia dan 5 korban selamat.

"Korbannya ada 15 orang yang terdiri dari 5 korban hidup dan 8 korban meninggal dunia. Kita masih mencari 2 korban lagi," kata Kepala BPBD Tobasa, Herberth Pasaribu, Jumat (14/12/2018) malam.

Herberth menjelaskan tim SAR gabungan terus berupaya melakukan pencarian dua korban hilang. Seluruh tim telah dikerahkan untuk proses pencarian. Polri pun telah menerjunkan anjing pelacak ke lokasi.

"Proses pencarian baru akan dievaluasi setelah sepekan. Tapi kita usahakan mudah-mudahan besok cuaca baik, (korban) bisa kita temukan," ucap Herbeth.

Dia mengakui cuaca ekstrem masih menjadi kendala dalam upaya pencarian korban. Apalagi hujan terus turun di lokasi. Pergerakan tanah tetap ada. Bahkan hari ini sampai 4 kali terjadi longsor susulan yang menimpa akses jalan.

"Hujan turun dari jam 17.00 Wib semalam sampai jam 07.00 Wib pagi tadi. Sehingga tim kita bekerja dengan was-was dan terus memantau pergerakan tanah di atas bukit," sebut Herbert.

Untuk menghindarkan hal tidak diinginkan, kata Herbert, warga sekitar sudah diungsikan. Terdapat 8 KK atau 39 jiwa penghuni 8 unit rumah diungsikan ke tempat yang lebih aman.

"Saat ini warga sekitar telah diungsikan ke tempat yang lebih aman. Kalau dianggap relokasi perlu, akan kita pikirkan kemudian," jelas Herbert.

Longsor yang masih terjadi juga menutup akses jalan menuju lokasi bencana. Petugas bahkan harus membersihkan material longsor menggunakan 4 unit alat berat dan jalur dapat terbuka pada pukul 18.00 WIB tadi.

Seperti diberitakan, bencana tanah longsor terjadi di Desa Halado, Rabu (12/12) tengah malam. Material longsor menimbun 4 unit rumah dengan total 15 penghuni. 8 orang telah ditemukan meninggal dunia, 8 orang luka, dan 2 orang masih hilang.

(fnr/age)

Let's block ads! (Why?)


https://ift.tt/2GeJx9K
December 15, 2018 at 06:01AM from CNN Indonesia https://ift.tt/2GeJx9K
via IFTTT
Share:

0 Comments:

Post a Comment