Tuesday, December 11, 2018

Angkat Tema Suku Laut, BICC 2018 Sukses Digelar

Jakarta, CNN Indonesia -- Batam International Culture Carnival (BICC) 2018 dinilai berlangsung sukses dengan mengusung tema Suku Laut dan menampilkan berbagai kostum fantastis.

"Sebagai Kota Bahari, kami ingin tampilkan kekuatan pariwisata kita lewat karnaval. Ini yang menjadi pembeda BICC dengan karnaval lainnya di Indonesia," ujar Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Kepulauan Riau, Buralimar, dalam keterangan tertulis, Selasa (11/12).


Acara yang sukses memanaskan Kota Batam pada Minggu (9/12) dibuka dengan tari persembahan yang langsung menggebrak. Satu persatu peserta menunjukkan kemegahan busana mereka.

Kostum peragaan Suku Laut didesain dengan warna dominasi cokelat dengan motif lain berupa kombinasi busana yang menggambarkan Batam sebagai daerah bahari seperti busana miniatur kapal.

"Tema Suku Laut juga menjadi pembeda dengan BICC tahun sebelumnya yang menambah warna budaya di Kepri pada karnaval kedua BICC tahun ini," ujar Buralimar.

Sementara itu, pendiri Jember Fashion Carnaval Dynand Fariz mengatakan BICC harus berani tampil beda. Menurutnya, event ini bukanlah Jember karena punya perbedaan tersendiri.

"Meskipun terinspirasi dari Jember, BICC harus menawarkan suatu yang beda, yaitu mengangkat budaya lokalnya sendiri," kata Dynand di dalam acara tersebut.

Ketua Calender of Events (CoE) Kemenpar, Esthy Reko Astuti mengatakan pihaknya optimistis wisman bakal berdatangan.

"Kegiatan ini dapat meningkatkan kunjungan wisman ke Batam. Ini terbukti peningkatan pesertanya jadi bertambah dua kali lipat," katanya.

Lebih lanjut, ia mengatakan jika BICC juga dilaksanakan untuk menggenjot target wisman di Batam. Hingga saat ini, lanjutnya, Batam telah dikunjungi oleh 1,8 juta wisman dari target 2 juta wisman pada 2018.

Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya pun langsung semringah. Menurutnya, BICC merupakan kolaborasi yang luar biasa antara semua pihak pelaku pariwisata. 

"Ini yang namanya Indonesia Incorporated. Semua aktif berkerja sama membangun pariwisata Batam. Saya yakin jika semuanya berperan aktif maka percepatan pertumbuhan pariwisata akan semakin cepat," kata Arief.

Ia menambahkan, BICC akan menjadikan Batam sebagai salah satu kota karnaval terbaik di Indonesia. Pasalnya, BICC selalu berani memberikan sentuhan baru.

(mle/egp)

Let's block ads! (Why?)


https://ift.tt/2GbdXcX
December 12, 2018 at 03:39AM from CNN Indonesia https://ift.tt/2GbdXcX
via IFTTT
Share:

0 Comments:

Post a Comment