Saturday, December 15, 2018

Empat Kereta Jakarta-Bandung Tertahan Longsor di Cikadongdong

Jakarta, CNN Indonesia -- Empat kereta Argo Parahyangan jurusan Jakarta-Bandung dan Bandung-Jakarta tertahan akibat longsor yang terjadi di pijakan Jembatan Cikadongdong, Bandung Barat. Saat ini, pihak PT Kereta Api Indonesia (KAI) tengah memastikan keamanan jembatan tersebut untuk dilalui kereta.

Manajer Humas Daop 2 KAI Joni Martinus menjelaskan pihaknya menemukan gejala longsor di Jembatan Cikadongdong, Bandung Barat yang berada di KM 133. Lokasi longsor, menurut dia, tepat berada dibawah pijakan jembatan sehingga pihaknya harus memastikan keamanan jembatan sebelum dilalui kereta api.

"Tanah longsornya itu ada di pijakan pilar, tiang jembatan, persis di bawah jembatan. Petugas kami sedang memastikan apakah kondisi itu berbahaya atau tidak," ujar Joni ketika dihubungi CNNIndonesia.com, Sabtu (15/12).


Saat ini, menurut dia, terdapat empat kereta Argoparahyangan yang tertahan di sejumlah stasiun. Ia menyebut, dua kereta dari Jakarta pukul 10.30 WIB dan 11.30. Sedangkan dua kereta lainnya yang tengah tertahan berangkan dari Bandung pukul 11.35 WIB dan 12.45 WIB.

"Ada yang tertahan di Stasiun Cikadongdong, Rendeh, Kleret, dan Maswati. Petugas membutuhkan waktu sekitar 2 jam terhitung sekitar pukul 14.45 WIB untuk mengecek kondisi jembatan. Mudah-mudahan kondisinya aman, sehingga dapat segera dilalui kereta," jelas dia.


Joni menjelaskan pihaknya tak akan menunda keberangkatan kereta yang sudah tersedia di Jakarta maupun Bandung yang memang sudah tersedia di stasiun. Kereta-kereta yang diberangkatkan tersebut, menurut dia, kemungkinan akan ditahan di stasiun sebelum lokasi longsor.

Ia pun mengaku belum bisa memastikan bagaimana nasib kereta-kereta tersebut jika ternyata kondisi jembatan tak layak untuk dilalui.

"Setelah pemeriksaan, kami akan lihat sikon (situasi dan kondisi), kan ada skenario operasional, kami harapkan kondisinya (jembatan) baik dan bisa segera dilewati," pungkasnya. (agi)

Let's block ads! (Why?)


https://ift.tt/2S1T19z
December 15, 2018 at 10:35PM from CNN Indonesia https://ift.tt/2S1T19z
via IFTTT
Share:

0 Comments:

Post a Comment