Thursday, December 13, 2018

Nenek Tiri Kim Jong-un Dilaporkan Meninggal

Jakarta, CNN Indonesia -- Kim Song Ae, istri kedua pendiri Korea Utara, Kim Il-Sung, dikabarkan meninggal. Perempuan kelahiran 1924 itu merupakan nenek tiri pemimpin Korut saat ini, Kim Jong-un.

Kabar duka tersebut dilaporkan oleh Korea Selatan tanpa menjelaskan kapan dan di mana tepatnya Kim Song Ae tutup usia.

"Kami akan memperbarui daftar fakta mengenai oran-orang penting Korut dengan menguraikan kematiannya," ucap seorang juru bicara Kementerian Unifikasi Korsel pada Rabu (12/12).

Kim Song Ae disebut disudutkan keluarga lantaran perebutan kekuasaan pada beberapa dekade lalu. Dia juga dikabarkan menjadi tahan rumah karena gagal mempromosikan sang anak, Pyong Il, sebagai penerus takhta kepemimpinan.

Dikutip AFP, kini Pyong Il menjadi duta besar Korut untuk Republik Ceko.

Kim Il-Sung dilaporkan menikahi Kim Song Ae pada 1953, empat tahun setelah kematian istri pertamanya, Kim Jong Suk. Kim Jong Suk merupakan ibu dari Kim Jong-il, ayah Kim Jong-un.

Selain Pyong Il, Kim Song Ae memiliki dua anak lain. Putra keduanya, Kim Yong Il, dikabarkan meninggal di Jerman pada 2000 lalu di umur 45 tahun.

Sementara itu, kantor berita Yonhap melaporkan putri bungsu Kim Song Ae dikabarkan tinggal di Austria bersama sang suami.

Kim Song Ae pernah terlihat mendampingi Kim Il-Sung saat menyambut mantan Presiden Amerika Serikat, Jimmy Carter, saat berkunjung ke Korut pada 1994 lalu.

Lawatan Carter dilakukan ketika krisis pengembangan senjata nuklir Korut pertama kali memanas.

Kabar kematian Kim Song Ae ini bukan yang pertama. Pada 2014 lalu, kelompok pembelot Korut di Korsel, North Korean Intellectuals Solidarity, pernah mengumumkan kematiannya.

Kelompok itu menyebut Kim Song Ae meninggal di Kanggye, tempat di mana ia selama ini tinggal tanpa komunikasi.

Korut dikenal sebagai negara yang sangat tertutup. Kim Song Ae terakhir kali disebut-sebut dalam media pemerintah Korut pada 1995 lalu, ketika dia masuk dalam daftar orang yang hadir di pemakaman mantan Menteri Pertahanan Korut, O Jin U. (rds/has)

Let's block ads! (Why?)


https://ift.tt/2QvBjPc
December 13, 2018 at 10:08PM from CNN Indonesia https://ift.tt/2QvBjPc
via IFTTT
Share:

0 Comments:

Post a Comment