Tuesday, December 4, 2018

Parmusi Bantah Dapat Dana Umrah dari Politikus PPP

Jakarta, CNN Indonesia -- Ketua Umum Persaudaraan Muslimin Indonesia (Parmusi) Usamah Hisyam membantah tudingan yang menyebut pihaknya mendapat dana umrah dari politikus PPP yang jadi saksi di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Jakarta, Puji Suhartono dan Irgan Chairul Mahfiz.

Usamah menyatakan biaya umrah Parmusi berasal dari kantong perusahaannya, Dharmapena Citra Media.

"Tidak benar bila Pak Irgan dan Pak Puji Suhartono membantu dana Rp100juta buat umrah Parmusi Maret 2018 lalu," kata Usamah kepada CNNIndonesia.com, Selasa (4/12).

"Karena seluruh biaya perjalanan umrah 60 dai dan pengurus Parmusi tersebut 100 persen bersumber dari perusahaan saya," ujarnya menambahkan.

Usamah mengaku sempat bertemu dengan Irgan saat berada di Makkah. Usamah menyatakan mendengar dari rekan-rekannya bahwa Irgan membagikan uang kepada peserta umrah Parmusi untuk membeli oleh-oleh.

"Berapa nilainya? Wallahualam. Yang pasti rombongan kami 80 orang," kata dia.

Terdakwa suap APBN-P 2018 Yaya Purnomo, Jakarta, , 6 Mei.Terdakwa suap APBN-P 2018 Yaya Purnomo, Jakarta, , 6 Mei. ((CNN Indonesia/Dhio Faiz))
Lebih lanjut, Usamah mengakui bila Puji terpilih menjadi wakil bendahara umum Parmusi di Muktamar III Parmusi di Batam Maret 2015. Namun, kata Usamah, Puji sejak saat itu sampai hari ini tidak pernah aktif dan hadir dalam berbagai kegiatan Parmusi.

"Saya juga sudah tiga tahunan tak pernah bertemu Puji," tuturnya.

Saat bersaksi untuk terdakwa Yaya Purnomo, terdakwa gratifikasi terkait pengurusan Dana Alokasi Khusus (DAK) dan Dana Insentif Daerah (DID) pada RAPBN-P 2018, di Pengadilan Tipikor Jakarta, Senin (3/12), Puji Suhartono mengakui menerima uang dari Yaya, yang juga mantan pegawai di Direktorat Jenderal Perimbangan Keuangan Kementerian Keuangan, sejumlah Rp200 juta.

Dari jumlah itu, kata Puji, sebesar Rp100 juta diberikan kepada anggota Komisi IX DPR dari PPP, Irgan Chairul Mahfiz. Menurut Puji uang itu untuk kepentingan umrah teman-teman di Parmusi.

"Waktu itu Pak Irgan sampaikan, bisa enggak bantu teman-teman untuk umroh. Jadi saya sampaikan ke Pak Yaya. Kemudian, Pak Yaya akhirnya bisa bantu," kata dia.

Puji mengaku juga menjabat sebagai Wabendum Parmusi. Sebagai Wabendum, dirinya diminta membantu untuk pembiayaan umrah. Namun, Puji tak mengetahui pasti jumlah peserta umrah yang berangkat pada awal tahun ini.

Anggota Komisi IX DPR dari Fraksi PPP, Irgan Chairul Mahfiz, membenarkan kesaksian Puji. Irgan mengatakan menerima uang Rp100 juta dari Puji untuk kepentingan umrah teman-teman di Parmusi.

"Iya dari Pak Puji. Saya minta bantuan untuk umrah, dan dia mau bantu untuk teman-teman Parmusi," kata Irgan yang juga menjadi saksi dalam sidang kemarin.

Irgan beralasan meminta bantuan kepada Puji lantaran menjabat sebagai wabendum Parmusi dan PPP. Menurutnya Puji salah satu donatur yang sering membantu keuangan organisasi. Puji juga seorang pengusaha denngan bendera PT Dewata Insan Lestari Indotama.

(arh)

Let's block ads! (Why?)


https://ift.tt/2Ry9Usn
December 05, 2018 at 12:04AM from CNN Indonesia https://ift.tt/2Ry9Usn
via IFTTT
Share:

0 Comments:

Post a Comment