Tuesday, December 4, 2018

Rehabilitasi Gempa Sulteng, Korsel Beri Hibah Rp142,5 Miliar

Jakarta, CNN Indonesia -- Pemerintah Korea Selatan memberikan hibah US$10 juta atau Rp142,5 miliar (kurs Rp14.251 per dolar AS) kepada Indonesia untuk membantu rehabilitasi gempa dan tsunami di Palu, Sulawesi Tengah.  

Komitmen hibah disampaikan langsung oleh Duta Besar Korea Selatan untuk Indonesia Kim Chang-beom kepada Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/ Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro Selasa (4/12).

Dalam pernyataan yang dikeluarkan di Jakarta Selasa (4/12), Bambang mengatakan hibah tersebut US$1 juta sudah diberikan kepada Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB). Selain itu, US$2,5 juta lainnya sudah diberikan pada 11 Oktober lalu dalam bentuk sumbangan 160 set tenda, pengiriman dua pesawat pengangkut militer C-130 Hercules  dan satu pesawat pengangkut militer C-130. 


"Sisa bantuan US$7,5 juta akan disalurkan dalam bentuk dua kerja sama hibah," katanya.

Pertama, sebesar 2,5 juta diberikan untuk pembangunan proyek tambahan guna pemulihan bencana yang digunakan untuk merelokasi penduduk. Sementara itu US$5 juta lainnya digunakan untuk proyek rekonstruksi yang akan dimasukkan sebagai program bantuan hibah multi-tahun Korea International Cooperation Agency (KOICA).

Bambang mengatakan pemerintah menyambut baik hibah tersebut. "Pemerintah Indonesia akan terus berupaya mendorong efektifitas dan efisiensi mitigasi bencana di Indonesia agar dapat meminimalkan korban jiwa dan kerusakan infrastruktur ketika bencana terjadi," katanya. 

(agt)

Let's block ads! (Why?)


https://ift.tt/2UdbGkn
December 05, 2018 at 02:17AM from CNN Indonesia https://ift.tt/2UdbGkn
via IFTTT
Share:

0 Comments:

Post a Comment