Thursday, December 27, 2018

Teleskop Hubble NASA Bisa Lihat Materi Gelap

Jakarta, CNN Indonesia -- Materi gelap atau yang terkenal dengan nama dark matter kini dapat dilihat menggunakan teleskop Hubble. Dilansir dari CNET, seperti namanya, materi gelap dinamakan seperti itu karena tidak berinteraksi dengan apapun. Materi ini pada dasarnya tidak terlihat.

Sebanyak 85 persen dari alam semesta terdiri dari materi gelap yang saat ini diketahui karena efek gravitasi yang bisa diamati.

Para astronom telah mengembangkan metode baru untuk melihat materi gelap tersebut. Astronom Australia dan Spanyol menggunakan cahaya bintang redup untuk memetakan distribusi materi paling kosmos yang paling sulit dipahami di gugus galaksi.

Mereka akan menggunakan gambar yang ditangkap oleh Teleskop Luar Angkasa Hubble milik NASA.

"Kami telah menemukan cahaya yang sangat redup di gugusan galaksi, cahaya intracluster, memetakan bagaimana materi gelap didistribusikan," kata Peneliti Universitas New South Wales Australia Mireia Montes, Penulis Utama penelitian yang dipublikasikan dalam Monthly Notices of the Royal Astronomical Society.

Di masa lalu, para astronom telah menggunakan "pelensaan gravitasi" untuk memperkirakan distribusi materi gelap di kluster galaksi. Sementara lensa sangat kuat untuk mengungkapkan struktur materi gelap dalam kelompok, itu membutuhkan pengamatan yang intens dan waktu yang luas.

Para peneliti menyarankan cahaya intracluster mengikuti distribusi materi gelap global di dalam kluster, dengan demikian bintang-bintang yang mengambang bebas melalui cluster memiliki distribusi yang identik dengan materi gelap.

Pekerjaan di masa depan akan melihat para peneliti memperluas temuan mereka ke kluster galaksi yang lebih besar dari enam yang dipelajari di sebelumnya.

Itu akan menghadirkan peluang untuk menentukan apakah cara baru melihat materi gelap ini bertahan. (age/age)

Let's block ads! (Why?)


http://bit.ly/2BGF7mf
December 28, 2018 at 06:49AM from CNN Indonesia http://bit.ly/2BGF7mf
via IFTTT
Share:

0 Comments:

Post a Comment