Monday, November 26, 2018

Rene Alberts, Teco Sampai RD Disebut Pas di Timnas Indonesia

Jakarta, CNN Indonesia -- Pelatih Mitra Kukar, Rahmad Darmawan disebut-sebut sebagai sosok yang pantas untuk menangani Timnas Indonesia menggantikan posisi Bima Sakti.

Timnas Indonesia mencatatkan prestasi tak menyenangkan usai gagal lolos ke semifinal Piala AFF 2018. Selama dua tahun terakhir, dua nama juga tercatat pernah menukangi Timnas Indonesia, yakni Luis Milla mulai awal 2017 sampai September 2018 sebelum digantikan asistennya Bima Sakti di kursi kepelatihan.

"Terkait teknis, menurut saya kenapa PSSI tidak mempercayakan pelatih timnas berdasarkan pada pelatih yang berprestasi di kompeisi lokal, Liga 1 karena itu bisa merangsang kualitas pelatih. Bukan hanya membangun edukasi lewat lisensi tapi juga kesempatan baru. Setelah sukses di klub, hadiahnya menangani timnas," kata pengamat sepak bola Tommy Welly melalui sambungan telepon, Senin (26/11).

Tommy justru menanyakan tingkat kepercayaan PSSI terhadap kompetisi yang dibuatnya, Liga 1 yang membuat muncul ketidakpercayaan terhadap kualitas pelatih yang ada. Sebab, di Liga 1 disebut banyak rapor merah, mulai dari rumor indikasi dugaan pengaturan skor dan sebagainya.
Rahmad Darmawan (tengah) dianggap cocok menangani Timnas Indonesia. (Rahmad Darmawan (tengah) dianggap cocok menangani Timnas Indonesia. (ANTARA FOTO/Nova Wahyudi)
Tommy menilai Rahmad Darmawan atau RD sebagai pelatih lokal berkualitas yang layak untuk melatih Timnas Indonesia. RD disebut memiliki kemampuan untuk membawa sesuatu hal baru dari tren sepak bola modern yang sedang berkembang. "RD tidak memainkan sayap secara murni tapi menjadikan dua penyerang yang bisa beroperasi dari sayap yang merupakan tren baru untuk kompetisi kita, meski akhirnya bubar di tengah jalan."

"Atas dasar itu saya anggap RD layak karena dia mengikuti perkembangan sepak bola modern. Bukan anti asing, saya pilih dorong kualitas pelatih kita," ungkap Tommy.

Pelatih Persija Stefano 'Teco' Cugurra ikut digadang-gadang cocok melatih Timnas Indonesia. (Pelatih Persija Stefano 'Teco' Cugurra ikut digadang-gadang cocok melatih Timnas Indonesia. (Dok. Persija)
Pendapat Tommy berbeda dengan Anggota Exco PSSI Yunus Nusi yang menyebut pelatih Persija Jakarta, Stefano 'Teco' Cugurra dan Robert Rene Alberts, pelatih PSM Makassar pantas untuk menggantikan Bima Sakti. "Secara pribadi saya akan mengajukan Fakhri Husaini naik level ke Timnas U-19, sementara Indra Sjafri ke U-22. Untuk senior, bisa asing dan lokal. Saya berencana mengajukan nama pelatih Persija Jakarta dan PSM Makassar."

"Artinya, siapa pelatih yang sukses membawa timnya juara di liga layak dipertimbangkan. Tapi, ini baru pendapat pribadi yang akan saya sampaikan ke rapat exco selanjutnya," kata Yunus usai menyaksikan laga Timnas Indonesia melawan Filipina di SUGBK, Minggu (25/11) malam. (TTF)

Let's block ads! (Why?)


https://ift.tt/2FEY3Ht
November 27, 2018 at 05:45AM from CNN Indonesia https://ift.tt/2FEY3Ht
via IFTTT
Share:

0 Comments:

Post a Comment