Monday, November 26, 2018

Siap-siap Bayar Tiket Bus Damri dengan Uang Elektronik

Jakarta, CNN Indonesia -- Perum Damri bekerja sama dengan PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk meluncurkan sistem tiket elektronik (e-ticketing) untuk memudahkan penumpang dalam membeli tiket bus Damri rute Jakarta, Bekasi dan Bandar Udara Internasional Soekarno-Hatta.

"Sistem tiket elektronik ini bertujuan agar pelanggan semakin mudah memperoleh tiket bus Damri. Kami juga berharap agar masyarakat dapat mendukung sepenuhnya sistem tiket elektronik ini," kata Direktur Utama Perum Damri Setia N Milatia Moemin melalui keterangan tertulis seperti yang dikutip dari Antara pada Senin (26/11).

Setia menjelaskan implementasi sistem tiket elektronik ini dilaksanakan secara bertahap dan dimulai dari angkutan Bandara Soekarno-Hatta untuk titik pemberangkatan dari Kemayoran, Bekasi, Rawamangun, dan Mangga Dua.

Jika dinilai sukses seluruh rute Damri ke bandara nanti akan menerapkan sistem baru tersebut.

Sementara itu, Direktur Enterprise and Business Service Telkom Dian Rachmawan menyampaikan, sebagai BUMN di sektor telekomunikasi digital, TelkomGroup menyediakan infrastruktur IT dalam pengembangan sistem e-ticketing ini.

"Untuk mendapatkan tiket prepaid pengguna dapat membayar dengan uang elektronik berbagai bank atau dompet elektronik seperti TCash," kata Dian.

Pemanfaatan teknologi dimaksud dapat dijadikan sebagai salah satu wujud dukungan terhadap program pemerintah yang sudah dicanangkan sebelumnya yaitu Gerakan Nasional Nontunai (GNNT) untuk mendorong penggunaan transaksi nontunai oleh masyarakat.

Keterangan tertulis dari Perum Damri yang diterima oleh CNNIndonesia.com tak menjelaskan lebih lanjut mengenai tata cara sistem baru ini.

CNNIndonesia.com lalu berusaha menghubungi layanan pemesanan tiket Damri cabang Gambir pada Senin (26/11). Petugas yang menjawab telepon membenarkan kalau e-ticketing bakal segera diberlakukan.

Sederhananya, sistem pembayarannya Damri nantinya bakal sama seperti TransJakarta, dengan menggunakan uang elektronik yang diterbitkan bank seperti Flash, Brizzi, eMoney atau pembayaran melalui dompet elektronik yang diterbitkan Telkomsel, yakni TCash.

"Selama belum resmi diterapkan ada baiknya penumpang berjaga-jaga membuat uang tunai dan uang non-tunainya," kata sang petugas yang menjawab telepon.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai pembelian tiket Damri bisa diketahui melalui situs resmi damri.co.id. atau nomor 1500-825.

(fey/ard)

Let's block ads! (Why?)


https://ift.tt/2PTOMQs
November 26, 2018 at 10:49PM from CNN Indonesia https://ift.tt/2PTOMQs
via IFTTT
Share:

0 Comments:

Post a Comment