Thursday, November 22, 2018

Tips Aman Berenang di Laut

Jakarta, CNN Indonesia -- Wisata bahari tak akan lengkap tanpa menceburkan diri ke perairan lepas. Bisa melihat gugusan terumbu karang atau berenang dikelilingi makhluk laut memang menjadi pengalaman yang tak akan terlupakan.

Keceriaan wisata bahari kadang ternodai dengan kasus kecelakaan akibat serangan predator laut. Perlu diketahui bahwa makhluk laut tidak akan menyerang duluan jika manusia tidak mengusiknya.

Kasus serangan hiu versus manusia paling sering terjadi di Australia. Kebanyakan kasusnya terjadi karena hiu berenang terlalu dekat dengan pesisir, yang dilatarbelakangi oleh semakin jarangnya makanan di habitatnya.

Tak sedikit juga yang terserang ubur-ubur karena berenang terlalu dekat di sekitar kawanan itu.

Bagi yang awam, berenang bersama pemandu menjadi salah satu cara untuk mengantisipasi serangan predator laut, karena pemandu bisa menjelaskan aturan berenang di perairannya.

Mengutip situs resmi Florida Museum pada Kamis (22/11), berikut adalah beberapa tips sederhana untuk menghindari serangan predator laut:

1. Ramai-ramai

Jika ingin berenang di laut baiknya berenang ramai-ramai, karena hiu lebih senang memangsa korbannya yang terlihat berenang sendirian.

Pastikan juga area yang bakal direnangi bukan habitat predator laut mencari makanan.

Jangan nekat berenang jauh dari pantai. Pastikan Anda masih dalam jangkauan penjaga pantai jika terjadi sesuatu.

2. Perhatikan Waktu

Perhatikan waktu ketika ingin berenang di laut.

Hindari berenang di sore atau malam hari, karena dua waktu tersebut merupakan waktu produktif bagi predator laut untuk mencari makan.

3. Kostum Renang

Saat ini banyak pilihan perlengkapan untuk berenang di laut, seperti sepatu agar tidak menginjak terumbu karang sampai baju renang anti-kilap.

Perlengkapan renang dengan warna gelap bisa mengecoh predator laut yang lebih tertarik dengan mangsa berwarna-warni.

4. Hindari Perairan Kotor

Perairan bakal lebih keruh saat musim hujan. Jika dirasa mendung atau setelah hujan, sebaiknya urungkan niat berenang di perairan lepas.

Selain melindungi kulit dari terpaan sampah lautan, tak berenang di perairan keruh juga menghindari serangan predator laut yang gemar bersembunyi di balik gelapnya air.

5. Tidak Panik

Jangan langsung panik jika melihat hiu yang berenang di dekat kita.

Jika hiu berjarak jauh dan tidak melihat keberadaan Anda, baiknya tenang dan diam di tempat. Hiu akan pergi dengan sendirinya.

Tapi jika hiu terlihat akan menyerang, segera menjauh dan berusaha keluar dari perairan.

Ketika hiu menyerang hantam bagian hidungnya sekeras mungkin. Bagian mata dan insang juga merupakan bagian paling sensitif pada tubuh hiu.

(fey/ard)

Let's block ads! (Why?)


https://ift.tt/2zl8F8R
November 22, 2018 at 10:11PM from CNN Indonesia https://ift.tt/2zl8F8R
via IFTTT
Share:

0 Comments:

Post a Comment