Saturday, December 22, 2018

BMKG: Tak Ada Potensi Tsunami Susulan di Selat Sunda

Jakarta, CNN Indonesia -- Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), Rahmat Triyono mengatakan tidak ada potensi tsunami susulan di sekitar perairan Banten.

"Sensor BMKG terdekat tidak mendeteksi perubahan air laut yang signifikan di Selat Sunda seperti di Cigeulis dan Tategate. Semua (kabar tsunami susulan) itu masih simpang siur. Yang pasti dari kami tidak mencatat atau melihat hal serius yang signifikan terkait potensi tsunami susulan," ucap Rahmat dalam jumpa pers di Jakarta, Minggu (23/12).

Rahmat juga mengatakan sejumlah isu yang menyebut jika air kembali pasang di sekitar pesisir pantai Carita itu sebagai kabar hoaks.


Pernyataan itu diutarakan Rahmat menyusul kabar yang beredar bahwa gelombang tinggi kembali pasang di sejumlah daerah di pesisir pantai Serang, Banten, dan Lampung, menyusul tsunami Selat Sunda yang menerjang kawasan itu pada Sabtu (22/12) malam.

Hingga kini, bencana tersebut telah menelan 62 jiwa dan melukai setidaknya 584 lainnya. Sementara itu, puluhan orang juga dikabarkan hilang akibat tsunami pada Sabtu malam tersebut.

Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) sebelumnya melaporkan korban tewas tsunami yang menerjang pesisir pantai Selat Sunda pada Sabtu (22/12) malam menjadi 62 orang.

Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho, mengatakan jumlah tersebut dipastikan masih akan terus bertambah seiring belum seluruh wilayah terdampak bencana bisa didata petugas darurat.

"Data dampak tsunami Selat Sunda sampai 23 Desember pukul 10.00 WIB mencatat jumlah korban tewas menjadi 62 orang, korban luka-luka mencapai 584 orang, dan 20 orang lainnya dinyatakan hilang," ucap Sutopo melalui rekaman video yang diterima CNNIndonesia.com pada Minggu (23/12). (panji/asa)

Let's block ads! (Why?)


http://bit.ly/2PXi5Nl
December 23, 2018 at 08:34PM from CNN Indonesia http://bit.ly/2PXi5Nl
via IFTTT
Share:

0 Comments:

Post a Comment