Saturday, December 29, 2018

Dewan Pengawas BPJS TK Mundur Terkait Isu Pelecehan Seksual

Jakarta, CNN Indonesia -- Dewan Pengawas Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Ketenagakerjaan (BPJS TK) Syafri Adnan Baharuddin (SAB) mengundurkan diri setelah adanya aduan terkait dugaan pelecehan seksual dan bahkan pemerkosaan terhadap seorang asisten ahli perempuan yang bekerja untuknya.

Pengunduran diri Syafri disampaikan saat konferensi pers di Hotel Hermitage, Jakarta Pusat, Minggu (30/12). Selain Syafri, hadir dalam konferensi pers anggota Dewan Pengawas BPJS Ketenagakerjaan Poempida Hidayatullah, Jakarta Pusat, Minggu (30/12).

"Saya menyatakan mundur, agar saya dapat fokus dalam upaya menegakkan keadilan melalui jalur hukum," ujar Syafri.

Syafri juga berencana menempuh jalur hukum untuk membantah tuduhan pemerkosaan yang dilontarkan RA.

"Berbagai tuduhan yang ditujukan kepada saya adalah tidak benar adanya dan bahkan merupakan fitnah yang keji," tuturnya.


Sebelumnya, RA, mantan asisten ahli Dewan Pengawas Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Ketenagakerjaan (BPJS TK) diduga mengalami pemerkosaan oleh atasannya, SAB selama sekitar 2 tahun bekerja. Sejak menjadi asisten ahli dengan status tenaga honorer pada April 2016 lalu, RA mengaku sudah empat kali mengalami pemerkosaan.

RA yang tidak tahan mengalami kekerasan seksual pun melaporkan SAB ke Ketua Dewan Pengawas BPJS Ketenagakerjaan. Namun, perempuan 27 tahun itu malah dipecat dari jabatannya sebagai asisten ahli.

"Ternyata Dewan Pengawas justru membela perilaku bejat itu. Hasil Rapat Dewan Pengawas pada 4 Desember justru memutuskan untuk mengeluarkan Perjanjian Bersama yang isinya mem-PHK saya sejak akhir Desember 2018," kata RA di kantor Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC), Jakarta Pusat, Jumat (28/12).

Deputi Direktur Bidang Humas dan Antar Lembaga BPJS Ketenagakerjaan Irvansayah Utoh Banja pada Jumat (28/12) membantah memecat RA.

"Skorsing, bukan PHK," ujar Irvansyah melalui pesan singkat.


Kepala Bidang Advokasi lembaga swadaya masyarakat BPJS Watch, Timboel Siregar, SAB memiliki rekam jejak tidak baik sebagai karyawan, baik hubungannya dengan karyawan lain maupun antara dewan pengawas dan direksi.

"Awal-awal 2017 itu memang kan SAB punya persoalan dengan keryawan. Dia mau melakukan segala hal yang mengambil tugasnya si direksi. Jadi kalau saya bilang kudeta pekerjaan. Dalam perilaku SAB sendiri banyak melakukan hal yang tudak baik sebagai karyawan," kata Timboel.

Ia juga menyebut sebelumnya SAB pernah dilaporkan ke Dewan Jaminan Sosial Nasional (DSJN) dan direkomendasikan untuk dicopot dari jabatannya. Namun hal tersebut tidak ditindaklanjuti. (din/DAL)

Let's block ads! (Why?)


http://bit.ly/2CGupOw
December 30, 2018 at 09:03PM from CNN Indonesia http://bit.ly/2CGupOw
via IFTTT
Share:

0 Comments:

Post a Comment