Saturday, December 22, 2018

JK soal Tsunami: Penduduk Harus ke Bukit, Jangan ke Pantai

Jakarta, CNN Indonesia -- Wakil Presiden Jusuf Kalla menyebut hingga tanggal 26 Desember mendatang cuaca buruk akan terjadi di kawasan Pandeglang, Banten dan Lampung.

Informasi tersebut didapat JK setelah berkomunikasi dengan Kepala BMKG dan Geologi, menyusul terjadi tsunami atau kenaikan gelombang yang terjadi di perairan Selat Sunda tadi malam, Sabtu (22/12).

"Dan memang diperingatkan BMKG cuaca buruk di sana sampai 26 Desember," kata JK ditemui di Bandara Udara Halim Perdana Kusuma, Jakarta, Minggu (23/12).

Dia pun meminta seluruh masyarakat untuk berhati-hati dan tidak kembali ke bibir pantai hingga cuaca kembali normal.

"Jadi memang BMKG memprediksi masih ada lagi seperti ini. Prediksi, artinya diserukan untuk, penduduk untuk meninggalkan daerah pantai untuk sementara, harus lebih jauh, ke bukit. Jangan di pantai lah," kata JK.

Lebih lanjut JK menyebut dari hasil pertemuannya dengan Kepala BMKG dan Geologi diketahui bahwa gelombang pasang atau disebut tsunami di Pandeglang dan Lampung ini memang kejadian langka.

Sebab, kata dia, tsunami sendiri umumnya terjadi setelah terjadi gempa bumi, namun justru di Banten dan Lampung ini tsunami tersebut terjadi tanpa gempa.

"Secara umum dapat digambarkan bahwa apa yang terjadi juga saya berbicara dengan kepala BMKG dan Geologi ini suatu kasus yang tidak biasa, bahwa tsunami tanpa gempa," kata JK.

"Jadi gejalanya ada kemungkinan dari perubahan atau letusan di Gunung Krakatau dan memang diperingatkan oleh BMKG sampai tanggal 26 cuaca buruk di sana," ujarnya.

JK sendiri semula dijadwalkan untuk mendatangi langsung lokasi kejadian dengan menggunakan helikopter, namun karena buruknya cuaca hal itu pun batal dilakukan.

Sementara diketahui saat ini Kapolri Tito Karnavian telah bertolak ke kawasan Pantai Carita, sebelumnya Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto telah melakukan peninjauan melalui udara di beberapa lokasi. (tst/dea)

Let's block ads! (Why?)


http://bit.ly/2Ae7Dfn
December 23, 2018 at 09:40PM from CNN Indonesia http://bit.ly/2Ae7Dfn
via IFTTT
Share:

0 Comments:

Post a Comment