Monday, December 10, 2018

Polda Metro dan Polres Jaktim Tangani e-KTP yang Tercecer

Jakarta, CNN Indonesia -- Polda Metro Jaya bersama Polres Metro Jakarta Timur menangani kasus kartu tanda penduduk elektronik atau e-KTP yang tercecer di wilayah Duren Sawit, Jakarta Timur.

"Untuk kasus e-KTP tercecer, itu ditangani bersama antara Polda dan Polres Jaktim. Saat ini anggota semua masih terus menyelidiki," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Argo Yuwono di Jakarta dikutip Antara Senin (10/12).

Argo mengatakan hingga saat ini pihaknya masih menyelidiki motif kejadian. Polisi juga memeriksa memeriksa orang yang terakhir bertanggung jawab atas ribuan e-KTP kedaluwarsa itu.


"Kami masih memeriksa yang terakhir pegang siapa, di gudang siapa. Karena pada intinya setiap pergantian pejabat kelurahan hingga kecamatan sampai ke atasnya itu tidak menginformasikan kalau ada e-KTP yang sudah tidak berlaku," ujar Argo.

Argo menyebut pihak kepolisian juga akan meneliti ulang dan kroscek kesesuaian temuan barang bukti dan data dari Kementerian Dalam Negeri.

Berdasarkan bukti yang didapatkan pihak kepolisian, e-KTP tersebut memiliki batas waktu atau kedaluwarsa, yaitu habis pada 2013, 2014 dan 2017.

"Makanya kami cek dulu edaran Kemendagri itu kapan," katanya.


Pihak kepolisian masih memeriksa saksi-saksi yang saat ini sudah mencapai 10 orang, termasuk staf Satuan Pelayanan Dukcapil Kelurahan Pondok Kelapa.

Sebelumnya, e-KTP ditemukan oleh anak-anak yang sedang bermain bola di area persawahan Jalan Bojong Rangkong, Pondok Kopi, Duren Sawit, Sabtu (8/12). Temuan ini dilaporkan petugas RW setempat ke pihak kepolisian sekitar pukul 13.30 WIB.

Saat diperiksa warga setempat, e-KTP itu ditemukan dalam kondisi tidak terpotong-potong dan terisi dengan data pribadi warga. Meski demikian, sebagian KTP ditemukan dalam kondisi rusak dan tidak terbaca tulisannya.

Hasil perhitungan di Mapolsek Duren Sawit, awalnya jumlah e-KTP itu sebanyak 1.706 lembar.

"1.706, sudah kita hitung. Dari Kelurahan Pondok Kelapa seluruhnya," ujar Kepala Polsek Duren Sawit, Komisaris Polisi Parlindungan Sutasuhut, Sabtu.

(Antara/pmg)

Let's block ads! (Why?)


https://ift.tt/2EpzNI3
December 11, 2018 at 02:09AM from CNN Indonesia https://ift.tt/2EpzNI3
via IFTTT
Share:

0 Comments:

Post a Comment