Wednesday, January 16, 2019

Bagi Peran Debat Capres 2019, Ma'ruf Lebih Sedikit Bicara

Jakarta, CNN Indonesia -- Calon wakil presiden nomor urut 01, Ma'ruf Amin menjelaskan akan berbagi peran dengan Jokowi pda debat capres cawapres edisi perdana, Kamis (17/1) esok.

Ma'ruf berkata salah satu peran yang akan dibagi terkait dengan siapa yang lebih dominan menjawab pertanyaan. Menurut Ma'ruf, Jokowi akan lebih dominan dalam menjawab pertanyaan dari moderator debat ketimbang dirinya.

"Paling kita nanti ingin beliau calon presiden tentu beliau yang memberikan, tinggal saya yang menambahkan, kan beliau capres, masa cawapres yang banyak," kata Ma'ruf saat ditemui di kediaman pribadinya, Menteng, Jakarta, Rabu (16/1).

Mantan Rais Aam PBNU itu mengaku sudah menyiapkan diri sebaik mungkin untuk menghadapi debat tersebut.  Akan tetapi, Ia mengaku tak ada persiapan maupun latihan khusus.

"Enggak, lah [persiapan khusus], seperti biasa aja. Tentu kalau persiapan ya kita menyiapkan diri, tetapi tak selalu segala-galanya, tetap kegiatan yang lain, dengan keluarga, dengan tamu, persiapan biasa-biasa saja," kata dia.

Lebih lanjut, Ma'ruf mengaku sudah terbiasa melakukan perdebatan. Ma'ruf mengklaim biasa berdebat dalam keseharian dan saat masih menjadi pengurus di PBNU.

Meski begitu, ia mengatakan tetap membaca materi yang diperkirakan akan muncul untuk diperdebatkan di debat Pilpres 2019 esok.

"Saya kan biasa kalau berdebat di NU biasa di bahtsul masail itu, hanya materinya yang berbeda, tentu. Jadi saya membaca, kira-kira apa yang akan didebatkan itu," kata dia.

Debat Pilpres 2019 edisi perdana esok digelar di Hotel Bidakara, Jakarta, dengan tema seputar penegakan hukum, HAM, korupsi, dan terorisme.

Ira Koesno dan Imam Prayitno akan menjadi moderator debat yang berlangsung selama 89 menit 55 detik

Ma'ruf mengaku akan memprioritaskan isu-isu hukum seperti supremasi hukum dan pengadilan yang independen dalam debat tersebut.

Ia pun menyatakan telah berlatih soal manajemen waktu bicara agar dapat menyampaikan pesan secara efektif kepada masyarakat dalam debat esok.

"Ya sesuai dengan waktu saja, kalau waktunya panjang ya panjang, kalau waktunya pendek ya saya harus bisa menjawab satu dua kalimat," kata dia.

Ikuti livestreaming, live report, dan cek fakta debat capres 2019 di CNNIndonesia.com pada 17 Januari 2019 mulai pukul 19.00 WIB. (rzr/wis)

Let's block ads! (Why?)


http://bit.ly/2STfSo5
January 17, 2019 at 01:58AM from CNN Indonesia http://bit.ly/2STfSo5
via IFTTT
Share:

0 Comments:

Post a Comment