Wednesday, January 16, 2019

Prabowo-Sandi Simulasi Debat Perdana di Hambalang

Jakarta, CNN Indonesia -- Pasangan calon nomor urut 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno disebut tengah melakukan simulasi khusus debat perdana capres-cawapres Pilpres 2019 di Hambalang, Bogor, Jawa Barat.

Sekretaris Jenderal Partai Gerindra Ahmad Muzani menyatakan simulasi debat dilakukan secara khusus untuk membahas teknis seputar kisi-kisi yang sudah diajukan Komisi Pemilihan Umum.


"Kira-kira jawaban apa yang sesuai visi misi kita dan khususnya hari ini simulasi dilakukan oleh beliau [Prabowo] dengan Pak Sandi di Hambalang," kata Muzani di kompleks parlemen, Jakarta, Rabu (16/1).

Sejak kemarin, Muzani mengatakan Prabowo-Sandi sudah banyak berdiskusi terkait tema debat besok yaitu hukum, korupsi, terorisme dan HAM, dengan para ahli serta pakar termasuk anggota fraksi partai Koalisi Indonesia Adil Makmur.

"Pak Prabowo menyediakan waktu untuk mendengar masukan dari para ahli termasuk dari para orang-orang yang bergelut, pemangku kepentingan di bidang itu," katanya.

Lebih lanjut, Muzani mengatakan pertanyaan Prabowo kepada Joko Widodo (Jokowi) dalam sesi tanya jawab tak akan jauh berbeda dari pidato kebangsaan yang disampaikan mantan Danjen Kopassus itu dua hari yang lalu.


Sementara itu, untuk persiapan jawaban atas pertanyaan Jokowi-Ma'ruf Amin, Prabowo, kata dia, sudah siap menjawab, termasuk jika ditanya mengenai kasus pelanggaran HAM.

"Kami menganggapnya sebagai sesuatu yang biasa, kami tak merasa itu diserang atau dituduh karena menganggap kalau Jokowi menanyakan apa HAM apa him apa hum itu menganggapnya sebagai sebuah pertanyaan yang Pak Jokowi menganggap ingin tahu lebih dalam tentang persoalan itu," ujarnya.

Debat Pilpres 2019 edisi perdana akan digelar esok, Kamis (17/1) di Hotel Bidakara. Tema yang diangkat dalam debat kali ini adalah penegakan hukum, HAM, korupsi, dan terorisme.

Ira Koesno dan Imam Prayitno akan menjadi moderator debat yang berlangsung selama 89 menit 55 detik. Debat akan dibagi ke dalam enam segmen. 

Prabowo-Sandi Simulasi Debat Perdana di HambalangCapres Prabowo Subianto dan cawapres Sandiaga Uno. (CNN Indonesia/Hesti Rika)

Dua pasangan calon yakni Joko Widodo-Ma'ruf Amin dan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno telah menerima 20 daftar pertanyaan yang dibuat oleh para panelis debat.

Debat capres 2019 menggunakan dua metode pertanyaan terbuka dan tertutup. Dalam pertanyaan terbuka moderator akan mengajukan pertanyaan kepada masing-masing paslon untuk setiap tema. Pada segmen ini masing-masing paslon sudah memegang kisi-kisi pertanyaan dari KPU.

Sementara untuk pertanyaan tertutup akan berlangsung pada segmen 4 dan 5. Selama 26 menit masing-masing pasangan calon diberi kesempatan untuk saling melempar pertanyaan.


Debat capres perdana ini akan disiarkan oleh TVRI, RRI, RTV, dan KOMPAS TV. KPU selanjutnya akan menggelar debat berikutnya pada 17 Februari mendatang.

Ikuti livestreaming, live report, dan cek fakta debat capres 2019 di CNNIndonesia.com pada 17 Januari 2019 mulai pukul 19.00 WIB. (swo/dea)

Let's block ads! (Why?)


http://bit.ly/2TQTBYd
January 17, 2019 at 01:15AM from CNN Indonesia http://bit.ly/2TQTBYd
via IFTTT
Share:

0 Comments:

Post a Comment