Wednesday, January 16, 2019

Orang Nomor Dua Korut Bakal Kunjungi AS Besok

Jakarta, CNN Indonesia -- Wakil Pemimpin Komite Pusat Partai Buruh Korea Utara sekaligus orang nomor dua paling berkuasa di negara terisolasi itu, Kim Yong-chol, disebut akan berkunjung ke Amerika Serikat besok, Kamis (17/1).

Kim Yong-chol bersama wakil Menteri Luar Negeri Korut Choe Son-hui, dan seorang pejabat lainnya dikabarkan telah memesan tiket pesawat dari Beijing, China, menuju Washington.

Mengutip sejumlah sumber, kantor berita Korea Selatan, Yonhap melaporkan ketiga pejabat itu akan bertemu Menlu AS, Mike Pompeo besok atau lusa, Jumat (18/1).

Pertemuan digelar guna membicarakan persiapan pertemuan tinggi kedua antara Presiden Donald Trump dan Pemimpin Tertinggi Kim Jong-un.

Pejabat bandara China yang tak disebutkan identitasnya mengatakan kepada Yonhap, ketiga pejabat Korut tersebut telah memesan tiket maskapai United Airlines dari Beijing menuju Washington. Pesawat mereka bertolak pada Kamis (17/1) malam waktu setempat.

Jika benar terjadi, pertemuan di Washington besok atau lusa adalah perkembangan dari pembicaraan denuklirisasi antara AS-Korut yang mandek selama beberapa bulan terakhir.

Meski begitu, dikutip Reuters, Kementerian Luar Negeri AS belum memiliki informasi terkait pertemuan Pompeo dan ketiga pejabat Korut itu.

"Kami belum memiliki jadwal pertemuan untuk diumumkan," kata juru bicara Kemlu AS tersebut.

Pertemuan Pompeo dan Kim Yong-chol semula dijadwalkan berlangsung pada November lalu. Namun rencana itu dibatalkan beberapa hari sebelum hari H, menyusul pasang surut relasi kedua negara terkait progres denuklirisasi yang disepakati Trump-Kim Jong-un pada Juni lalu.

Duta Besar Korea Selatan untuk AS, Cho Yoon-je mengatakan komunikasi antara AS-Korut kembali dilanjutkan setelah Kim Jong-un menyatakan niat untuk bertemu Trump "kapan saja" dalam pidato pergantian tahun. (rds/ayp)

Let's block ads! (Why?)


http://bit.ly/2Co81rQ
January 17, 2019 at 05:59AM from CNN Indonesia http://bit.ly/2Co81rQ
via IFTTT
Share:

0 Comments:

Post a Comment