Wednesday, January 9, 2019

Gempa Donggala Magnitudo 4,0 Terasa Hingga Mamuju

Jakarta, CNN Indonesia -- Kabupaten Donggala, Sulawesi Tengah, diguncang gempa bumi dengan kekuatan 4,0 magnitudo pada hari ini pukul 15.28 WIB. Getaran gempa itu terasa hingga Palu, Sigi, dan Mamuju Utara.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mencatat lokasi gempa ada di 0.94 Lintang Selatan, 119.62 Bujur Timur. Adapun pusat gempa berada di darat, berjarak 8 kilometer Tenggara Watatu, Kabupaten Donggala, Palu.

"Kedalaman 0 Km Dirasakan (MMI) II-III Palu, II-III Sigi, III-IV Donggala, III-IV Mamuju Utara," demikian keterangan resmi BMKG di akun twitternya, @infoBMKG.

Kabupaten Donggala memang masih cukup sering diguncang gempa sejak terjadi gempa besar berkekuatan 7,4 magnitudo disertai tsunami.

Sebelumnya gempa magnitudo 4,5 juga mengguncang Kabupatan Donggala, 26 Desember 2018. Kepala Stasiun Geofisika Klas I Palu Cahyo Nugroho mengatakan gempa terjadi sekitar puku 4.36 Wita.

Gempa tektonik ini juga dirasakan di daerah sekitarnya. BMKG menyatakan getaran dirasakan oleh banyak orang tetapi tidak menimbulkan kerusakan; benda-benda ringan yang digantung bergoyang, jendela kaca bergetar.

Penyebab gempa saat itu diperkirakan terjadi akibat aktivitas sesar lokal setempat. (wis)

Let's block ads! (Why?)


http://bit.ly/2C8mNCV
January 10, 2019 at 12:30AM from CNN Indonesia http://bit.ly/2C8mNCV
via IFTTT
Share:

0 Comments:

Post a Comment