Tuesday, January 8, 2019

Trump akan Umumkan 'Krisis' Perbatasan di Pidatonya

Jakarta, CNN Indonesia -- Presiden Amerika Serikat Donald Trump akan menggunakan pidato prime-time pertamanya pada Selasa (8/1) waktu setempat untuk memberitahu masyarakat Amerika bahwa Perbatasan AS dengan Meksiko saat ini sedang mengalami 'krisis' dan karena itu tembok pembatas perlu segera dibangun.

Pidato tersebut akan menjadi upaya terbarunya untuk meyakinkan kubu Demokrat dan masyarakat agar mendukung rencananya membangun tembok perbatasan AS dan Meksiko.

Wakil Presiden AS Mike Pence dalam pernyataannya mengatakan Trump akan mengungkapkan keinginannya untuk melindungi rakyat Amerika. "Dalam menghadapi krisis kemanusiaan yang nyata di perbatasan selatan kita, ia akan menyampaikan keinginannya  agar tembok bisa dibangun," katanya seperti dikutip dari AFP, Selasa (8/1).


Trump bersikeras untuk membangun pagar tinggi di sepanjang perbatasan AS dengan Meksiko. Untuk mewujudkan mimpinya tersebut, ia telah meminta persetujuan penggunaan anggaran US$5,7 miliar dari kongres.

Namun, permintaan tersebut ditolak oleh kubu Demokrat. Karena penolakan tersebut, Trump marah.

Ia memutuskan untuk menolak menandatangani tagihan belanja yang mengakibatkan 800 ribu karyawan federal dan kontraktor tidak mendapatkan bayaran. Sikap keras Trump dan penolakan kongres tersebut telah mengakibatkan pemerintahan AS tutup sejak Desember lalu.

Trump menyatakan akan tetap menutup pemerintahan AS kalau permintaan anggaran pembangunan tembok yang diajukannya tidak segera dikabulkan.

(AFP/agt)

Let's block ads! (Why?)


http://bit.ly/2Rie7Ec
January 09, 2019 at 07:14AM from CNN Indonesia http://bit.ly/2Rie7Ec
via IFTTT
Share:

0 Comments:

Post a Comment