Friday, January 4, 2019

BNPB: Masa Tanggap Darurat Longsor Sukabumi Berakhir Minggu

Jakarta, CNN Indonesia -- Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menyebut masa tanggap darurat penanganan longsor Kampung Adat, Cimapag, Desa Sirnaresmi, Kecamatan Cisolok, Sukabumi, Jawa Barat, berlaku hingga Minggu (6/1).

"Bupati Sukabumi telah menetapkan masa tanggap darurat penanganan longsor Sukabumi selama 7 hari yaitu 31 Desember 2018 hingga 6 Januari 2019. Setiap dari dilakukan rapat koordinasi di posko untuk mengevaluasi dan menyusun rencana penanganan selama masa tanggap darurat," ujar Sutopo Purwo Nugroho, Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB, dalam keterangan tertulisnya, Jumat (4/1).

Tim SAR yang berjumlah sebanyak 1054 personel itu berasal dari BPBD, TNI, Polri, Basarnas, kementerian/lembaga, pemda, NGO, relawan dan masyarakat.

Sutopo menyebut sejumlah kendala masih dialami saat pencarian korban. Sutopo mengatakan kendala utamanya masih berkaitan dengan faktor cuaca yaitu hujan.

"Jika kondisi cuaca cerah maka pencarian korban dapat dilakukan hingga malam hari. Sebaliknya jika hujan dapat menyebabkan evakuasi dihentikan lebih awal," kata dia.

Kendala lainnya adalah masih sering terjadinya longsor susulan meskipun dengan intensitas kecil. Bahkan pada Kamis (3/1) malam terjadi suara gemuruh di lokasi longsor yang disebabkan oleh jatuhnya batu besar yang berada di mahkota longsor.

BNPB: Masa Tanggap Darurat Longsor Sukabumi Berakhir MingguFoto: CNN Indonesia/Fajrian
"Kemarin malam, suara gemuruh kembali terdengar di lokasi longsor karena adanya batu besar yang berada di mahkota longsor jatuh ke bagian bawah. Kondisi ini cukup membahayakan bagi personel di lapangan," tuturnya.

Hingga hari ini, tim SAR mencatat terdapat 18 korban tewas dan 15 orang masih belum ditemukan. Tim mencatat longsor telah menimpa sebanyak 29 kepala keluarga atau sebanyak 100 jiwa. Selain itu terdapat kerugian dengan rumah rusak berat sebanyak 29 rumah.

(gst/arh)

Let's block ads! (Why?)


http://bit.ly/2F9xHvd
January 04, 2019 at 10:48PM from CNN Indonesia http://bit.ly/2F9xHvd
via IFTTT
Share:

0 Comments:

Post a Comment